Sabtu, 28 Juli 2012

Daan Jahja Gubernur Militer Jakarta tahun 1949-1950

Letnan Kolonel H. Daan Jahja lahir di Padang Panjang, Sumatera Barat, 5 Januari 1925  meninggal di Jakarta, 20 Juni 1985 pada umur 60 tahun, adalah Gubernur (Militer) Jakarta dan Panglima Divisi Siliwangi. Jebolan Sekolah Tinggi Kedokteran dizaman Jepang (Ika Daigaku). Dikeluarkan karena menolak penggundulan serta berdemo terhadap pemerintah pendudukan militer Jepang di Jakarta. Ia memainkan peranan penting dalam menumpas aksi Kapten Westerling yang mau merebut kekuasaan negara karena tidak menerima penyerahan kedaulatan Indonesia oleh Belanda tanggal 27 Desember 1949. Daan Jahja lahir dari pasangan Jahja Datoek Kajo dan Sjahrizan Jahja, asal Koto Gadang, Agam, Sumatera Barat. Ayahnya merupakan anggota Volksraad yang cukup vokal, dan orang yang pertama kali berpidato menggunakan bahasa Indonesia dalam sidang Volksraad. Daan merupakan anak yang tertua dari sembilan bersaudara. Daan Jahja aktif terlibat pada masa-masa revolusi Indonesia. Dia bergabung dengan kelompok Prapatan 10, satu dari dua kelompok pemuda yang paling menonjol pada masa kemerdekaan Indonesia. Kelompok Prapatan 10 yang bermarkas di Jl. Prapatan 10, Jakarta merupakan pengikut Sutan Sjahrir. Sedangkan kelompok lainnya, yakni Menteng 31 menjadi pengikut Tan Malaka. Daan Jahja menjadi salah seorang pemimpin dalam kelompok Parapatan 10 ini. Pada peristiwa Rengasdengklok, Daan dan kelompok Prapatan 10 maupun Menteng 31 bertugas untuk membawa Soekarno-Mohammad Hatta ke Rengasdengklok. Kedua kelompok ini menuntut agar Soekarno-Hatta cepat-cepat memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Beliau juga terlibat aktif pada saat rapat raksasa 19 September 1945 di Lapangan Ikada, Jakarta. Pada masa Agresi Militer Belanda II, beliau ditempatkan di wilayah Sumatera. Kepada menteri pertahanan Mohammad Hatta, ia menyampaikan memorandum agar pemerintah menyiapkan pangkalan cadangan di tempat yang lebih luas yang memungkinkan pemerintah bergerak lebih leluasa untuk perang gerilya. Tempat yang disarankannya adalah Bukittinggi, Sumatera Barat, mengingat ruang gerak di pulau Jawa yang semakin sempit. Saat menjabat gubernur militer Jakarta, Daan Jahja berhasil menyelesaikan masalah administratif pemerintahan Jakarta yang sebelumnya diatur oleh Belanda. Letnan Kolonel H. Daan Jahja wafat pada tanggal 20 Juni 1985 tepat pada saat Idul Fitri 1405. Beliau wafat sepulang dari mesjid Sunda Kelapa, Jakarta setelah melaksanakan salat Ied

Kamis, 26 Juli 2012

Garuda Pancasila di gedung Parlemen RIS


Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Lambang negara Indonesia berbentuk burung Garuda yang kepalanya menoleh ke sebelah kanan (dari sudut pandang Garuda), dilengkapi perisai berbentuk menyerupai jantung yang digantung dengan rantai pada leher Garuda, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu” ditulis di atas pita yang dicengkeram oleh Garuda. Lambang ini dirancang oleh Sultan Hamid II dari Pontianak, yang kemudian disempurnakan oleh Presiden Soekarno, dan diresmikan pemakaiannya sebagai lambang negara pertama kali pada Sidang Parlemen Republik Indonesia Serikat tanggal 11 Februari 1950. Lambang negara Garuda Pancasila diatur penggunaannya dalam Peraturan Pemerintah No. 43/1958. Garuda Pancasila yang diresmikan penggunaannya pada 11 Februari 1950 tersebut, masih tanpa jambul dan posisi cakar di belakang pita. Seperti tampak pada foto atas, adalah gedung Parlemen RIS yang sebelumnya bernama Gedung Concordia terletak disebelah Gedung Kementerian Keuangan Lapangan Banteng Jakarta. Gedung ini sudah lama dibongkar. Foto bawah Sidang .Parlemen RIS dimana Presiden RIS Soekarno sedang membacakan pidatonya. 

Rabu, 25 Juli 2012

Sejarah Anatomi

Hari Lahir biologi: 5 - 4 abad SM

Para filsuf Yunani, rakus dalam keingintahuan mereka, melihat ke depan untuk berbagai makhluk hidup, dari yang paling hina dari tanaman untuk manusia. Sebuah nama Yunani ditemukan oleh seorang naturalis Jerman di awal abad 19 untuk studi semua aspek fisik kehidupan alam - biologi, bios (hidup) dan logos (kata atau wacana). Ini adalah topik dengan subdivisi yang jelas, seperti botani, zoologi dan anatomi. Tapi semua prihatin dengan organisme hidup.

Orang pertama yang memberikan kontribusi yang signifikan dalam biologi adalah Alcmaeon, tinggal di Crotona di abad ke-5. Crotona terkenal pada saat untuk sarjana Pythagoras, tetapi Alcmaeon tampaknya tidak telah berada di sekolah mereka.


Alcmaeon adalah ilmuwan pertama yang diketahui telah berlatih diseksi dalam penelitiannya. Tujuannya adalah tidak anatomi, untuk kepentingan terletak pada mencoba untuk menemukan tempat kecerdasan manusia. Namun dalam perjalanan penelitiannya, ia membuat penemuan-penemuan ilmiah pertama dalam bidang anatomi.

Kemudian teori Yunani, berlangganan bahkan oleh Aristoteles, adalah bahwa hati adalah pusat intelijen. Alcmaeon alasan bahwa karena pukulan ke kepala dapat mempengaruhi pikiran, gegar otak, ini harus di mana alasannya. Dengan bedah mayat untuk mengejar ide ini, ia mengamati bagian-bagian yang menghubungkan otak dengan mata (saraf optik) dan bagian belakang mulut dengan telinga (Eustachio tabung).


Manusia pembedahan makhluk hidup: c.300 SM

Pada awal abad ketiga SM di Alexandria dua dokter bedah, Herophilus dan Erasistratus, membuat studi ilmiah pertama untuk belajar tentang cara kerja anatomi manusia.

Biaya kontribusi mereka terhadap sains akan dianggap terlalu tinggi di zaman modern (mereka mendapatkan banyak informasi mereka dari pembedahan makhluk hidup manusia, pasien menjadi penjahat dihukum). Tapi Celsus, seorang penulis Romawi pada sejarah medis, penuh semangat membenarkan penderitaan penjahat menyediakan "obat bagi orang yang tidak bersalah dari segala usia untuk datang.


Para berpengaruh kesalahan Galen: AD abad ke-2

Para dokter kepala yang baru diangkat dari para gladiator di Pergamum, pada tahun 158, adalah penduduk asli kota. Ini adalah dokter Yunani bernama Galen. Penunjukan memberinya kesempatan untuk mempelajari luka dari segala jenis. Nya pengetahuan tentang otot-otot yang memungkinkan dia untuk memperingatkan pasien tentang kemungkinan hasil dari operasi tertentu - tindakan pencegahan yang bijaksana dianjurkan dalam dewan dokter Galen.

Tapi itu adalah diseksi Galen kera dan babi yang memberikan informasi rinci untuk saluran medis pada organ tubuh. Hampir 100 dari saluran bertahan hidup. Mereka menjadi dasar reputasi besar dalam pengobatan abad pertengahan Galen, tak tertandingi sampai karya anatomi Vesalius.


Melalui eksperimen Galen mampu membalikkan keyakinan lama, seperti teori (pertama kali diusulkan oleh sekolah dari Hippocrates di 400 SM atau lebih, dan dipertahankan bahkan oleh dokter dari Alexandria) yang mengandung pembuluh darah udara - memakainya ke seluruh bagian tubuh dari jantung dan paru-paru. Keyakinan ini didasarkan awalnya pada arteri hewan yang mati, yang tampaknya kosong.

Galen adalah mampu menunjukkan bahwa arteri berisi darah kehidupan. Kesalahannya, yang akan menjadi ortodoksi medis didirikan selama berabad-abad, adalah dengan mengasumsikan bahwa darah datang dan pergi dalam gerakan jantung dan aliran. Teori ini berlaku dalam komunitas medis sampai saat Harvey.


Ilmu tidur: 8 sampai abad ke-15

Selama berabad-abad sangat Kristen suasana Eropa abad pertengahan yang berlaku tidak kondusif untuk penyelidikan ilmiah. Tuhan tahu yang terbaik, dan karena itu harus - karena ia menciptakan segala sesuatu. Dimana pengetahuan yang diperlukan, ada otoritas kuno dengan kesimpulan diterima tanpa pertanyaan - dalam astronomi Ptolemeus, Galen mengenai hal-hal anatomi.

Beberapa sarjana menunjukkan minat yang tidak biasa dalam penelitian ilmiah. Abad ke-13 biarawan Fransiskan Roger Bacon adalah contoh yang paling sering dikutip, tetapi studi termasuk alkimia dan astrologi, serta optik dan astronomi. Keragu-raguan praktis yang dibutuhkan untuk ilmu pengetahuan, tidak sampai Renaissance.
 
Anatomi gambar Leonardo da Vinci: AD 1489-1515

Pada sekitar 1489 Leonardo da Vinci memulai serangkaian gambar anatomi. Untuk akurasi yang lebih besar dari observasi, mereka jauh lebih maju dari apa yang sebelumnya dicoba. Selama dua puluh lima tahun berikutnya, ia membedah tiga puluh tubuh manusia, banyak dari mereka ke kamar mayat di Roma - sampai tahun 1515 Paus Leo X, memerintahkannya untuk berhenti.

Gambar-Nya, yaitu sekitar 750, termasuk studi pada struktur tulang, otot, organ dalam, otak dan bahkan posisi janin dalam rahim. Studinya menunjukkan bahwa jantung itu akan menemukan konsep sirkulasi darah.


Vesalius dan ilmu anatomi: AD 1533-1543

Seorang mahasiswa kedokteran, lahir di Brussels dan dikenal sejarah sebagai Vesalius, mengikuti kuliah tentang anatomi di Universitas Paris. Dosen menjelaskan anatomi manusia, seperti diungkapkan oleh Galen 1000 tahun sebelumnya, sedangkan poin asisten data yang sesuai dengan mayat dibedah. Seringkali Wizard tidak dapat menemukan tubuh yang dijelaskan, tetapi selalu mayat bukan Galen diperlukan untuk menjadi salah.

Vesalius memutuskan ia akan membedah mayat dirinya sendiri dan untuk mempercayai bukti apa yang ditemukan. Pendekatannya sangat kontroversial. Tapi kemampuan jelas nya menyebabkan pengangkatannya pada tahun 1537 sebagai profesor bedah dan anatomi di Universitas Padua.


Pada 1540, Vesalius memberikan demonstrasi publik dari ketidak-tepatan teori anatomi Galen, yang masih dalam profesi medis ortodoks.

Galen membuat banyak eksperimen pada kera besar. Vesalius sekarang di layar - untuk perbandingan - kerangka seorang pria dan monyet.


Vesalius mampu menunjukkan bahwa dalam banyak kasus pengamatan Galen memang benar monyet, tapi tak ada hubungannya dengan manusia. Jelas apa yang dibutuhkan adalah rekening baru dari anatomi manusia.

Vesalius dirinya tugas untuk menyediakan, diilustrasikan dengan serangkaian pembedahan dan gambar. Memiliki dengan pembuangan, metode yang relatif baru di Eropa, untuk memastikan pembagian yang jelas bentuk gambar dicetak - seni ukiran kayu. Studinya meresmikan ilmu pengetahuan modern anatomi.


Di Basel, Swiss, pada tahun 1543 Vesalius menerbitkan karya besarnya - De Humani Fabrica Corporis (Struktur tubuh manusia). Ada tujuh jilid, termasuk ilustrasi indah terukir pada kayu. Buku ini adalah sebuah kesuksesan, meskipun secara alami itu memancing kemarahan kaum tradisionalis yang mengikuti Galen. Teori Galen adalah, setelah semua, manfaat yang jelas dari senioritas. Mereka sekarang beberapa 1400 tahun.

Tetapi bagi mereka yang ingin melihat dengan mata jernih, pelat dalam volume Vesalius adalah wahyu. Untuk pertama kalinya manusia dapat memindai di kulit mereka sendiri, dalam gambar sangat jelas tentang apa yang tersembunyi.


Harvey dan sirkulasi darah: AD 1628

Ada buku yang diterbitkan pada 1628 yang menyediakan salah satu terobosan terbesar dalam memahami tubuh manusia - mungkin yang terbesar hingga ditemukannya struktur DNA pada abad ke-20.

Buku ini hanya terdiri dari lima puluh dua halaman, juga berpendapat. Nya teks dalam bahasa Latin. Judulnya adalah Exercitatio anatomica motu Cordis dan animalibus sanguinis ("Fungsi anatomi Gerakan Jantung dan Darah Binatang"). Penulisnya adalah William Harvey. Dalam buku ini ia menunjukkan tanpa keraguan, konsep yang sama sekali baru. Darah, hal itu menunjukkan, tidak berasal dalam tubuh dari segala jenis pasang surut acak. Sebaliknya ia terus dipompa sekitar sirkuit sangat akurat.


Sejauh ini telah diasumsikan bahwa darah di arteri dan darah di pembuluh darah adalah alam yang berbeda. Hal ini juga diketahui bahwa mereka adalah warna yang berbeda, dan ada banyak teori untuk apa setiap pengiriman darah.

Kepercayaan yang paling umum adalah bahwa darah arteri membawa jenis energi terhubung ke udara untuk tubuh (tidak jauh dari kebenaran), dan darah di pembuluh darah mendistribusikan makanan dari hati (kurang akurat ).


Dengan serangkaian panjang pembedahan (anjing dan babi ke siput dan kerang), dan dengan proses penalaran logis, Harvey mampu membuktikan bahwa tubuh berisi suplai darah tunggal, dan bahwa jantung adalah otot memompa sekitar sirkuit nya.

Sirkuit ini, karena dapat menunjukkan, membawa darah dari pembuluh darah ke dalam ventrikel kanan jantung, ia mengirim dari sana melalui paru-paru ke bilik kiri jantung, dan kemudian mendistribusikannya melalui arteri untuk kembali berbagai wilayah tubuh.


Setelah oposisi awal banyak, argumen Harvey akhirnya meyakinkan kebanyakan orang sezamannya. Tapi ada dua bahan yang hilang. Teorinya menunjukkan bahwa harus ada jaringan pembuluh darah kecil yang membawa darah dari sistem arteri dan sistem vena dan menyelesaikan sirkuit. Tetapi pembedahan itu tidak cukup untuk menunjukkan hal ini. Hal ini tidak sampai empat tahun setelah kematiannya bahwa Marcello Malpighi diamati kapiler.

Dan Harvey tidak dapat menjelaskan mengapa jantung harus memompa darah. Penjelasan ini harus menunggu penemuan oksigen.


Malpighi dan mikroskop: AD 1661

Marcello Malpighi, profesor kedokteran teoretis di Universitas Bologna, adalah seorang pelopor dalam penggunaan mikroskop dalam biologi.

Suatu malam tahun 1661, di sebuah bukit dekat Bologna, menggunakan matahari sebagai sumber cahaya, bersinar dalam tujuannya melalui bagian tipis yang dibuat dari paru-paru dari kodok. Pada gambar yang lebih luas, jelas bahwa darah seluruhnya terkandung dalam tabung kecil.

Malpighi demikian menjadi ilmuwan pertama yang mengamati kapiler, pembuluh darah kecil di mana darah mengalir melalui daging. Mereka begitu halus dan begitu banyak sehingga setiap dari tubuh kita berisi lebih dari 100.000 kilometer dari saluran mikroskopis.

Dengan penemuan mereka, rantai yang hilang di Harvey pada sirkulasi darah itu ditemukan. Untuk kapiler secara harfiah link melalui mana darah yang kaya oksigen dari arteri memberikan pertama energi untuk sel tubuh, kemudian menemukan jalan kembali ke dalam vena untuk dikembalikan ke jantung.


Leeuwenhoek dan mikroskop: AD 1674-1683

Merintis bekerja dengan Malpighi mikroskop juga diambil oleh ilmuwan Belanda Anton van Leeuwenhoek. Dirinya mengajar gelas polishing pada tingkat yang sangat presisi yang tinggi dan kejelasan (beberapa dari mereka memberikan perbesaran 300x), menggunakan mikroskop sederhana dengan satu lensa - sebenarnya kaca pembesar kecil dan sangat kuat.

Dengan instrumen tersebut, ia mampu mengamati fenomena sebelumnya terlalu kecil untuk dilihat. Pada 1674, ia adalah ilmuwan pertama memberi deskripsi akurat tentang sel darah merah. Pada 1677, ia mengamati dan menggambarkan sperma dalam air mani anjing. Pada 1683, ia memberikan gambar dari animalcules (atau bakteri) terlihat pada air liur dan plak gigi.

Temuan-Nya, yang diterbitkan sebagian besar dalam Transaksi filosofis dari Royal Society of London (meskipun ia sendiri tinggal di Delft), sangat menyarankan kegembiraan menjadi yang pertama untuk berjalan-jalan dengan seperti visi yang luas di antara hal-hal kecil dari pemerintahan hewan.

Account-nya dari chip umum berikut perkembangannya dari telur untuk menyempurnakan praktek anatomi dewasa. Penelitiannya menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa makhluk hidup menit memiliki siklus hidup dan sistem generatif seperti makhluk yang lebih besar.


Anatomi mikroskopik: 17 - abad ke-20

Penemuan Malphighi kapiler, anatomi tubuh utama diketahui. Dengan studi menyeluruh tentang aspek Leeuwenhoek sebelumnya tak terlihat dari materi hidup, subjek bergerak ke tahap yang lebih misterius - dari anatomi mikroskopis.

Langkah-langkah pertama dari jalan baru yang besar terjadi pada 1830-an.
 
Felix Dujardin pada 1835 mengidentifikasi substansi sebagai tembus kental umum bagi semua bentuk kehidupan, diberikan oleh protoplasma nama. Sementara orang lain mengamati bahwa benda hidup diatur dalam bentuk diulang struktural. Robert Brown menemukan di pabrik, pada tahun 1831, inti utama dari setiap sel. Pada tahun 1839, Matthias Schleiden dan Theodor Swann memberikan account pertama dari pembentukan sel koheren bahwa proses pembangunan semua kehidupan (tema panjang ditebak oleh orang lain, tetapi tidak dipecahkan atau menunjukkan).

Namun lebih lanjut sepanjang perjalanan ini, jauh ke dalam pusat materi hidup, adalah penemuan pada tahun 1953 struktur DNA.

Senin, 23 Juli 2012

Republik Indonesia Menjelang Agresi Militer Belanda Pertama


Tanggal 24 Juni 1947, Sjahrir berangkat ke Yogya untuk memberi penjelasan tentang kemajuan perundingan Indonesia-Belanda. Setibanya di Yogya, kedaan politik sudah sangat keruh disana. Hampir semua kelompok politik menentang keras kebijakan Perdana Menteri Sjahrir selaku pimpinan pemerintahan yang berunding dengan Belanda. Abdul Madjid teman separtai yang diutusnya lebih dahulu, ternyata telah bertindak melawannya dan memberikan keterangan yang negatif kepada pihak lain. Partai besar PNI, Masyumi bahkan sayap kiri sendiri yang merupakan partai Sjahrir bersama Pesindo menentangnya dengan keras. Orang yang menjadi kawan seperjuangan sejak lama, yaitu Amir Sjarifudin ikut tidak setuju pada tindakannya. Sjahrir tidak dapat berbuat lain. Sesuai dengan asas dan sopan santun demokrasi yang berlaku, tanggal 27 Juni 1947 Perdana menteri Sjahrir meletakkan jabatan dan mengembalikan mandatnya kepada Presiden Soekarno. Dengan berakhirnya kabinet Sjahrir ketiga, kepala pemerintahan dipegang langsung Soekarno sebelum dapat dipilihnya formatir untuk membentuk kabinet yang baru. Tanggal 2 Juli 1947 Soekarno menunjuk Amir Sjarifudin, dr AK Gani dan Setiadjid Soegondo bertindak sebagai formatir dalam membentuk kabinet Republik Indonesia yang baru. Kabinet kelima R.I dilantik pada tanggal 3 Juli 1947, dipimpin oleh Amir Sjarifudin sebagai Perdana Menteri. Kabinet ini dinamakan kabinet Amir Sjarifudin pertama. Mereka tidak membuat kebijakan baru dan menjalankan kebijakan yang lama termasuk melanjutkan perundingan dengan Belanda. Dasar perundingan Indonesia-Belanda selanjutnya tetap yaitu persetujuan Linggarjati. Tapi situasi nasional sudah demikian buruknya sehingga ditambah kemunduran Sjahrir, Belanda menjadi ragu-ragu melakukan perundingan yang serius, dan siap untuk berperang. Walaupun campur tangan Amerika telah diupayakan untuk mencegah meluasnya konflik politik menjadi menjadi konflik militer, tgl 21 Juli 1947 Belanda melakukan aksi polisionil pertamanya yang di Indonesia dikenal sebagai “Agresi Militer Belanda yang Pertama”. Demikianlah meskipun pihak Belanda mengatakan saat melaksanakan agresinya bahwa Persetujuan Linggarjati masih berlaku, namun persetujuan Linggarjati yang mana ? Sejak muncul istilah Linggarjati yang disandangi, maka timbul pendapat bahwa sesungguhnya ada dua linggarjati. Pertama Linggarjati yang disetujui dan diparaf bersama oleh delegasi Indonesia dan Belanda pada tanggal 15 November 1946 dan Linggarjati yang diberi interpretasi sendiri oleh Belanda dan ditambah keterangan pidato Menteri Seberang Lautan Jonkman dimuka parlemennya pada tanggal 10 dan 19 Desember 1946. Naskah ini dikenal sebagai “Aankleden Linggarjati” atau Linggarjati yang disandangi itu.

Sumber: Buku: Terobosan Sukarno dalam perundingan Linggarjati

Rabu, 11 Juli 2012

Joko Wi dari Solo


Ir. Joko Widodo (lahir di Surakarta21 Juni 1961; umur 51 tahun), lebih dikenal dengan nama julukan Jokowi, adalah wali kota Kota Surakarta (Solo) untuk dua kali masa bakti2005-2015. Wakil wali kotanya adalah F.X. Hadi Rudyatmo. Ia dicalonkan oleh PDI-PJokowi meraih gelar insinyur dari Fakultas Kehutanan UGM pada tahun
1985. Ketika mencalonkan diri sebagai wali kota, banyak yang meragukan kemampuan pria yang berprofesi sebagai pedagang mebel rumah dan taman ini; bahkan hingga saat ia terpilih. Namun setahun setelah ia memimpin, banyak gebrakan progresif dilakukan olehnya. Ia banyak mengambil contoh pengembangan kota-kota di Eropa yang sering ia kunjungi dalam rangka perjalanan bisnisnya. Di bawah kepemimpinannya, Solo mengalami perubahan yang pesat. Branding untuk kota Solo dilakukan dengan menyetujui slogan Kota Solo yaitu "Solo: The Spirit of Java". Langkah yang dilakukannya cukup progresif untuk ukuran kota-kota di Jawa: ia mampu merelokasi pedagang barang bekas di Taman Banjarsari hampir tanpa gejolak untuk merevitalisasi fungsi lahan hijau terbuka, memberi syarat pada investor untuk mau memikirkan kepentingan publik, melakukan komunikasi langsung rutin dan terbuka (disiarkan oleh televisi lokal) dengan masyarakat. Taman Balekambang, yang terlantar semenjak ditinggalkan oleh pengelolanya, dijadikannya taman. Jokowi juga tak segan menampik  nvestor yang tidak setuju dengan prinsip kepemimpinannya. Sebagai tindak lanjut branding ia mengajukan Surakarta untuk menjadi anggota Organisasi Kota-kota Warisan Dunia dan diterima pada tahun 2006. Langkahnya berlanjut dengan keberhasilan Surakarta menjadi tuan rumah Konferensi organisasi tersebut pada bulan Oktober 2008 ini. Pada tahun 2007 Surakarta juga telah menjadi tuan rumah Festival Musik Dunia (FMD) yang diadakan di kompleks Benteng Vastenburg yang terancam digusur untuk dijadikan pusat bisnis dan perbelanjaan. FMD pada tahun 2008 diselenggarakan di komplek Istana Mangkunegaran. Dari tanggal 2 - 6 Juli 2012, kota Solo adalah tuan rumah penyelenggaraan Konferensi sejarah Internasional yang ke 22 kali dari  IAHA (International Association of Historians of Asia) dan Konferensi ke 4 kali HOMSEA (History of Medicine South East Asia).  Oleh Majalah Tempo, Joko Widodo terpilih menjadi salah satu dari "10 Tokoh 2008".Joko Widodo mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Pilgub tahun 2012 dengan Basuki Tjahaja Purnama, mantan bupati Kabupaten Belitung Timur
Kalau Jokowi bisa jadi Gubernur DKI Jaya mudah-mudahan DKI bisa berubah menjadi baik disemua bidang yang kita risaukan itu...
Sumber tulisan: sebagian dari Wikipedia

Minggu, 08 Juli 2012

Gedung Sjahrir Dibongkar Kedutaan Besar AS ?

Ternyata berita sejarah pada beberapa media cetak belakangan ini, bahwa 'gedung Sjahrir mau dibongkar" tidak tepat. Yang benar adalah gedung tua yang ada dikompleks Kedutaan Besar Amerika di jalan Merdeka Selatan itu bernama " Gedung Delegasi Indonesia". Yaitu gedung yang dipakai delegasi Indonesia dalam rangka perundingan Indonesia Belanda tahun 1949, Konferensi Meja Bundar (KMB). Peringatan Hari Proklamasi RI ke IV (17 Agustus 1949) secara sederhana pernah diadakan pula di Gedung Delegasi RI di jalan Merdeka Selatan Jakarta ini. Kini gedung ini banyak digunjingkan orang karena mau di bongkar. Rupanya pemiliknya, Kedutaan Besar Amerika Serikat telah memperoleh izin DKI . Maka akan hilang lagilah sebuah situs sejarah kemerdekaan Republik Indonesia. Foto kiri saat Mr Susanto Tirtoprodjo berpidato pada hari penting ini di gedung tersebut. Dan foto kanan rakyat Jakarta berbondong-bondong datang ke gedung Delegasi Indonesia. Tampak pintu kereta api masuk jalan Merdeka Selatan yang kini juga sudah tiada karena menuju stasiun gambir kereta disel dan listrik jalan diatas. 

Jumat, 06 Juli 2012

Mahasiswa FKUI Diharapkan Jadi Penerus Willem Bosch



Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) bisa dibilang merupakan ibu dari pendidikan kedokteran di Tanah Air. Karena itu, pihak kampus merasa bertanggung jawab untuk mendirikan semacam museum yang menjadi pusat sejarah pendidikan kedokteran Indonesia. Di museum itu akan dipajang lukisan Dr Willem Bosch, tokoh perintis pendidikan kedokteran di Indonesia. "Kalau ingin maju, kita harus menengok sejarah. Dari sejarah itu kita bisa belajar mengevaluasi hal-hal yang kurang," ujar Dekan FKUI Ratna Sitompul saat penyerahan apresiasi dan peluncuran buku 'FKUI Historical Photo Collections, Proceeding: 90 years of FKUI (Salemba 6) dan RSCM (Diponegoro 71)' di Salemba, Jakarta, Jumat (29/6). Menurut Ratna, FKUI sejak 2010 sudah berencana membangun museum kedokteran dan pusat riset untuk mahasiswa kedokteran di seluruh Indonesia bertempat di Salemba. "Waktu kami melakukan renovasi gedung lama, kami menemukan berbagai prasasti penting yang tadinya sempat hilang. Semua harus punya tempat di museum nanti," imbuhnya. Sejarah berdirinya FKUI berawal dari niat baik Dr Willem Bosch, Kepala Dinas Lawatan Kesehatan Hindia Belanda, yang mendirikan Sekolah Dokter Djawa pada 1853. Perjalanan itu berlanjut hingga Dokter Djawa menjadi STOVIA dan akhirnya menjadi FKUI. "Sekolah Dokter Djawa inilah cikal bakal STOVIA. STOVIA sendiri merupakan cikal bakal FKUI yang ada sekarang ini," ujar Guru Besar UI Prof dr Somadikarta. Somadikarta menjelaskan Dr Willem Bosch mendirikan Dokter Djawa lantaran munculnya wabah penyakit cacar di berbagai daerah di Hindia Belanda saat itu. Karena tenaga kesehatan masih sangat sedikit, Willem berpikir untuk mendidik orang pribumi selama tiga tahun untuk menjadi tenaga ahli praktek pelayanan kesehatan. Lulusan Dokter Djawa, kisah dia, kemudian dipekerjakan sebagai dokter pembantu yang bertugas utama memberikan pengobatan dan vaksinasi cacar. Pada 1875, lama pendidikan di Dokter Djawa ditingkatkan menjadi tujuh tahun dan pada 1902 Sekolah Dokter Djawa diganti menjadi STOVIA dengan lama pendidikan sembilan tahun. Lalu pada 1919 dibangunlah sebuah rumah sakit bagi siswa STOVIA di Salemba bernama Centraal Bugerlijk Ziekenhuis/CBZ). Kemudian pada 1920, Gedung Pendidikan Kedokteran di Salemba 6 mulai difungsikan dan seluruh saran pendidikan dari CBZ dipindahkan ke tempat tersebut hingga saat ini. Sebagai perintis FKUI, STOVIA saat itu cukup memberi kontribusi di wilayah Asia melalui jurnal dan publikasi ilmiah. Dr Willem dan Dr Ciptomangunkusumo merupakan tokoh-tokoh yang sangat diapresiasi negara-negara di Asia. Ratna menuturkan, Willem dikenal sebagai orang berjiwa social tinggi. Di zamannya, ia memperjuangkan layanan kesehatan untuk kaum yang terpinggirkan. Semangat itu ia pandang perlu dicontoh dan ditularkan pada mahasiswa kedokteran kini. "Kami mendidik anak-anak kami agar nantinya mau mengabdi untuk masyarakat di pedalaman. Minimal satu sampai dua tahun," ucap Ratna. Kini, menurut Ratna, tercatat 20% lulusan FKUI mengabdi di daerah terpencil selama satu sampai dua tahun. FKUI pun memberikan syarat akademis berupa pengalaman minimal setahun di daerah terpencil untuk meneruskan pendidikan ke jenjang spesialis. Ratna berharap, dengan lebih mengetahui sejarah kedokteran, mahasiswa kedokteran dapat mengambil contoh yang baik.
Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/29/329826/0/14/Mahasiswa-FKUI-Diharapkan-Jadi-Penerus-Willem-BoschPenulis : Maggie Mahardika Jumat, 29 Juni 2012 22:05 WIB