Kamis, 20 Oktober 2011

Sejarah Adanya Olahraga-Permainan Rugby

Olahraga Rugby adalah permainan dengan bola sebagai obyek utama untuk dibawa melewati garis gawang musuh dan membantingnya ke tanah untuk memperoleh nilai. Mungkin terdengar sederhana tapi ada satu yang perlu di tangkap. Untuk membawa bola ke depan, bola harus dilempar ke belakang. Bola bisa ditendang ke depan, tapi rekan satu tim dari penendang bola harus berada di belakang bola saat bola ditendang.

Kontradiksi nyata ini menimbulkan kebutuhan akan kerjasama tim yang kompak dan disiplin tinggi, bukan individual. Hanya dengan bekerja secara tim maka para pemain bisa membawa bola ke depan menuju ke arah garis gawang lawan untuk memenangkan pertandingan.
Sejarah Adanya Olahraga-Permainan Rugby
Rugby merupakan olahraga dengan aspek yang unik, berbeda dengan olahraga lainnya. Pemenang pertandingan Rugby adalah tim yang pemain-pemainnya mampu membawa bola dan memanfaatkan lapangan dengan baik dengan menghindari lawan serta menang pada penguasaan bola.

Sejarah mencatat bahwa Pada tahun 1823, pada sebuah pertandingan sepakbola sekolah di kota Rugby, lnggris, seorang anak laki-laki bernama William Webb Ellis mengambil bola dan berlari menuiu garis gawang lawan.

Dua abad kemudian, Sepakbola Rugby telah berevolusi menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia, dimana jutaan orang bermain, menyaksikan, dan menikmati permainan Rugby.

Rugby memiliki etiket yang terjaga selama bertahun-tahun. Tidak hanya dimainkan berdasarkan pada peraturan, akan tetapi dengan semangat peraturan.

Melalui disiplin, penguasaan diri, serta menghargai orang lain, dapat menumbuhkan naluri persahabatan dan sikap fair play, yang menegaskan bahwa Rugby adalah sebuah permainan yang sehat. Mulai dari halaman sekolah sampai Piala Dunia Rugby, Persatuan Rugby menawarkan pengalaman yang unik dari keterlibatan akan permainan Rugby.

Referensi:
http://www.undiksha.ac.id/fok/?md=mn&kid=188&act=view&mi=141&li=0

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar